KIKD Bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
KIKD Bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan KIKD bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file KIKD Bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dibawah ini:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami,b menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesiapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. | 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU (JP) |
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis | 4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis | 8 |
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis | 8 |
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca | 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis | 8 |
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan | 8 |
3.5 Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat | 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis | 8 |
3.6 Mengevaluasi struktur dan kebahasaan teks anekdot | 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis. | 8 |
3.7 Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis | 4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca | 8 |
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen | 4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai | 8 |
3.9 Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel | 4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca | 8 |
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis | 4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis | 8 |
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan,penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.11 Mengonstruksikan teksnegosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikanisi,struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan | 8 |
3.12 Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat | 4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat | 8 |
3.13 Menganalisis isi debatberkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudutpandang danargumenbeberapa pihak, dan simpulan) | 4.13 Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan | 8 |
3.14 Menganalisisbutir-butir penting yang dapat diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.14 Menyajikanhal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis | 8 |
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik lisan maupun tulis | 8 |
3.16 Menganalisis suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca | 4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) | 8 |
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi | 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) | 8 |
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca | 4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi | 8 |
| |
Download File Revisi lainnya:
- Instrumen Supervisi Kurikulum 2013 Dan KTSP
- Kisi-kisi dan Soal UTS Semester 1 Kelas 4 Kurikulum 2013
- KI KD PPKn SMK KURIKULUM 2013 REVISI 2017
- Prinsip dan Langkah - Langkah Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
- KI KD, Silabus Bahasa Inggris SMA Kelas 10, 11 dan 12 Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Program Semester (PROMES) dan Program Tahunan (PROTA) PAUD/TK
- Buku Matematika Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
- KUMPULAN BUKU KURIKULUM 2013 REVISI 2017
- Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017
- Soal UAS Kelas 4 Tema 2 Kurikulum 2013 Semester 1
Semoga dengan adanya file revivi tentang KIKD Bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.
0 Response to "KIKD Bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017"
Post a Comment