Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran agar siswa memiliki kecakapan atau kemahiran matematika sebagai bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa yang mencakup kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, memiliki tantangan, sangat menyenangkan, dan tentu saja ini dapat memotivasi peserta didik agar berpartisipasi aktif, dan dapat memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian peserta didik sesuai dengan bakat, minat yang dimilikinya, dan tentu saja perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Silabus untuk mata pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah tsanawiyah (MTs) disusun berdasar pada format dan penyajian dan penulisan yang sangat sederhana tidak rumit sehingga silabus ini dapat mudah dipahami dan dilaksanakan oleh tenaga pendidik.
Dimana Penyederhanaan format Silabus untuk mata pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah tsanawiyah (MTs) bertujuan agar penyajiannya yang efisien, tidak memili banyak halaman akan tetapi lingkup dan substansinya tidak berkurang sama sekali, dan tentu saja tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya.
Penyusunan silabus untuk mata pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah tsanawiyah (MTs dilaksanakan berdasar pada prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum yang mudah diajarkan oleh tenaga pendidik, mudah dipelajari oleh peserta didik, terukur pencapainnya dan tentu saja bermakna untuk dipelajari
Untuk perumusan Kompetensi Dasar (KD) untuk mata pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah tsanawiyah (MTs ) ini menggunakan kompetensi matematika secara umum dan pertimbangan kompetensi yang dapat dicapai siswa setelah belajar matematika, dimana Kompetensi setelah belajar matematika di SMP/MTs tertuang dalam peta kompetensi pada setiap jenjang pendidikan yang bisa anda lihat pada tabel dibawah ini
Harus diketahui pula bahwa pengembangan kompetensi matematika bertujuan agar dapat meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), dan keterampilan yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif dan pengembangan nilai, norma dan etika (soft skill)..
Adapun Ruang lingkup Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah tsanawiyah (MTs) diantaranya mencakup
1. Bilangan,
2. Aljabar,
3. Geometri dan pengukuran,
4. Statistika dan peluang.
0 Response to "Silabus Mata Pelajaran Matematika Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018"
Post a Comment