Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan Silabus bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi dibawah ini:
Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi
KI-1 | : | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
KI-2 | : | Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI-3 | : | Memahami, menerapkan, Menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
KI-4 | : | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) |
1.1. Meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidup | | Membimbing Keyakinan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | - | - |
2.2. Menunjukkan sikap berpegang teguh dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an | | Pembiasaan sikap Mengamalkan ajaran Al-Qur’an | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | - | - |
3.1 Memahami pengertian Al-Qur’an menurut para ulama’ 4.1 Menyajikan pengertian Al-Qur’an yang disampaikan para ulama | · Pengertian Al-Qur’an · Nama-nama Al-Qur’an | Mengamati · Mengamati Gambar Kitab Al-Qur’an · Menyimak penjelasan tambahan dan penguatan dari Guru tentang Gambar Kitab Al-Qur’an Menanya · Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati. · Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya · Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa. Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang macam-macam dalil dalam pembahasan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan macam-macam Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an Mengkomunikasikan · Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang macam-macam dalil dalam pembahasan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (4 X 45 ) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.2. Menghayati keautentikan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah | | Membimbing penghayatan keautentikan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | - | - |
2.1. Menunjukkan perilaku cermat terhadap dalil syar’I sebagai implementasi dari belajar tentang bukti keautentikan Al-Qur’an | | Membiasakan sikap cermat terhadap dalil Syar’i sebagai implementasi dari belajar tentang bukti keautentikan Al-Qur’an | · Observasi Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | - | - |
3.2 Memahami bukti keautentikan Al-Qur’an 4.2 Menunjukkan contoh bukti-bukti keautentikan Al-Qur’an | a. Pengertian keautentikan Al-Qur’an b. Al-Qur’an sebagai mu’jizat c. Macam-Macam tan dalam Al-Qur’an d. Bukti-bukti bukti keautentikan Al-Qur’an | Mengamati · Mengamati Gambar bermacam-macam Al-Qur’an kuno dan modern · Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang sejarah penulisan Kitab Al-Qur’an Menanya · Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati. · Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya · Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa. Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan keontetikan Al-Qur’an · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang macam-macam kemu’jizatanAl-Qur’an Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai keontetikan Al-Qur’an · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan macam-macam kemu’jizatan dalam Al-Qur’an Mengkomunikasikan · Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan keontetikanAl-Qur’an · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang macam-macam dalil dalam membuktikan bahwa Al-Qur’an adAlah mu’jizat | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (4 X 45 ) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.3.Memfungsikan Al-Qur’an secara tepat dan benar | | Membimbing penghayatan fungsi Al-Qur’an secara tepat dan benar | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | | |
2.3.Menunjukkan perilaku yang mengamalkan ajaran Al-Qur’an | | Membiasakan sikap mengamalkan Ajaran Al-Qur’an | · Observasi Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | | |
3.3 Memahami tujuan dan fungsi Al-Qur’an 4.3 Menceritakan kisah orang yang menjadikan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya | a. Kedudukan Al-Qur’an b. Fungsi Al-Qur’an c.contoh orang yang menjadikan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya | Mengamati · Mengamati gambar yang berhungan dengan fungsi Al-Qur’an · Menyimak pengantar guru tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya Menanya · Siswa saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati · Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat · Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya · Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya Mengkomunikasikan · Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (45x4) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1..4.Meyakini kebenaran nilai-nilai yang terdapat pada pokok-pokok isi Al-Qur’an | | Membimbing penghayatan tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | - | - |
2.4.Menunjukkan perilaku yang menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber hukum dalam kehidupan sehari-hari | | membiasakan sikap menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber hukum | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | - | - |
3.4 Memahami pokok-pokok isi Al-Qur’an 4.4 Memaparkan pokok-pokok ajaran Al-Qur’an beserta contoh-contohnya dalam ayat | pokok-pokok isi Al-Qur’an | Mengamati · Mengamati gambar yang berhubungan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an · Menyimak pengantar guru tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an Menanya · Siswa saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati · Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat · Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya · Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pokok-pokok isi Al-Qur’an Mengkomunikasikan · Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pokok-pokok isi Al-Qur’an | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (45x4) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.5.Beramal sesuai dengan kandungan Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah an-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56 (dalam kehidupan sehari-hari) | | Membimbing pengamalan Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56 | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | - | - |
2.5.Memiliki sikap yang mencerminkan fungsi manusia baik sebagai hamba Allah maupun khalifah-Nya di bumi sebagaimana yang terkandung dalam Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56 | | membiasakan mengamalkan isi Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56 | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat · Jurnal/Catatan | - | - |
3.5 Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi pada Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56 4.5 Mendemonstrasikan hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi pada Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah Adz-Dzariyat: 56 | Surah Al-Mu’minun:12–14; Surah An-Nahl: 78; Surah Al-Baqarah: 30–32; dan Surah ak-dzriyat: 56 | Mengamati · Mengamati gambar yang berhubungan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi · Menyimak pengantar guru tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi Menanya · Siswa saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati · Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat · Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya · Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi Mengkomunikasikan · Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (4 X 45 ) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
ILABUS PEMBELAJARAN
KI-1 | : | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
KI-2 | : | Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI-3 | : | Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
KI-4 | : | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) |
1.1. Meyakini hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam | Keyakinan terhadap hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam | Membimbing keyakinan terhadap hadis sahih dan hasan sebagai dasar hukum ajaran Islam | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | - | - |
2.1 Menunjukkan sikap kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari | sikap kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari | Membiasakan sikap kritis dalam mengamalkan hadis sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari | · Observasi Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | - | |
3.1. Memahami pengertian hadis, sunah, khabar, dan atsar 4.1.Mendeskripsikan Substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadits, sunnah, khabar, dan Atsar | Pengertian hadis, sunah, khabar, dan atsar Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Afar Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar | Mengamati Mengamati Gambar hadis, sunah, khabar, dan atsar Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang Pengertian hadis, sunah,khabar, dan atsar Menanya · Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati. · Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya · Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa. Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadits, sunnah, khabar, dan Atsar · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Atsar,Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Asar · Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Asar · Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar Mengkomunikasikan · Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Afar · Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang Persamaan Hadis, Sunnah, Khabar, Asar · Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan Asar | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (4 X 45 ) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.2. Berpegang teguh pada hadits sahih dan hasan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari | | Membimbing sikap Kritis Dalam Mengamalkan Hadis Sebagai Dasar Dalam Kehidupan Sehari-Hari | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | - | - |
2.2. Menunjukkan perilaku yang menggunakan hadis sebagaimana fungsinya yang telah dipelajari | | Membiasakan perilaku menggunakan hadis sebagaimana fungsinya | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | - | - |
3.2 Memahami unsur-unsur hadis 4.2. Menyajikan unsur-unsur hadis | e. Pengertian Sanad, matan, rawi | Mengamati · Pengertian Sanad, matan, rawi Menanya · Siswa menanyakan mengenai Pengertian Sanad, matan, rawi · Siswa lainnya memberi tanggapan atas pertanyaan yang muncul · Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan unsur-unsur yang ada dalam hadis · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Menyajikan unsur-unsur yang ada dalam hadis Mengasosiasikan · Mencari hubungan antara beberapa materi yang ditemukan dalam litearatur Menyajikan unsur-unsur yang ada dalam hadis · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan unsur-unsur yang ada dalam hadis Mengkomunikasikan Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang unsur-unsur yang ada dalam hadis | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (4 X 45 ) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.3.Menghayati nilai-nilai kebenaran yang terkandung dalam hadis yang sahih | | Membimbing penghayatan nilai-nilai kebenaran yang terkandung dalam hadis yang sahih | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | | |
2.3.Menunjukkan perilaku yang selektif terhadap keanekaragaman hadits | | Membiasakan penerapan sikap cinta ilmu sebagai manfaat dari mempelajari macam-macam sunnah | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | | |
3.3. Mengidentifikasikan macam-macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an 4.3 Mempresentasikankan contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah) | · Pengertian Sunnah Qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah · Perilaku Orang yang memahami Macam-macam Sunnah | Mengamati · Mengamati gambar yang berhubungan dengan macam-macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an · Menyimak pengantar guru tentang macam-macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an Menanya · Siswa saling mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamati · Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh teman sejawat · Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya · Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah) Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah) · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah) Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar · Menganalisis hasil temuannya berkaitan contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah) Mengkomunikasikan · Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuannya · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang contoh macam-macam sunnah (qauliyah, fi’liyah, taqririyah, dan hammiyah) | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (4x45) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1..4. Menyadari pentingnya berpegang teguh kepada hadits Nabi Muhammad SAW | Menyadari keanekaragaman hadis dan memedomani hadis secara selektif | Membimbing menyadari keanekaragaman hadis dan me medomani hadis secara selektif | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | - | - |
2.4. Menunjukkan Perilaku selektif terhadap keanekaragaman hadits | Pembiasaan perilaku yang selektif terhadap keanekaragaman hadis | membiasakan perilaku yang selektif terhadap keanekaragaman hadis | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | - | - |
3.4. Memahami pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya 4.4.Menghayati nilai-nilai toleransi yang benar,baik intern umat beragama maupun antar umat beragama. | Pembagian Hadis Hadis Ditinjau dari Segi Kuantitas Hadis Ditinjau dari Segi Kualitas | Mengamati · Membaca Pembagian hadis Menanya · Siswa menanyakan mengenai Pembagian Hadis ditinjau dari Segi Kuantitas dan Kualitasnya · Siswa lainnya memberi tanggapan atas pertanyaan yang muncul · Guru memberi apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lainnya Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya · Mengumpulkan informasi / bahan dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari berbagai sumber belajar mengenai pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya Mengkomunikasikan Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang pembagian hadis dari segi kuantitas dan Kualitasnya | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | 2 TM (4x45) | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.5. Memiliki sikap ikhlas dalam beribadah sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. | | Membimbing sikap ikhlas dalam beribadah sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | - | - |
2.5. Memiliki sikap ikhlas dalam berbuat baik terhadap sesama sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. | | membiasakan sikap ikhlas dalam berbuat baik terhadap sesama sebagai implemantasi dari pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an tentang keikhlasan | · Observasi · Penilaian Diri · Penilaian Sejawat Jurnal/Catatan | - | - |
3.5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. 4.5. Mendemonstrasikan hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada QS al-An‘am [6]: 162–163; QS. al-Bayyinah [98]: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. | Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang Keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. | Mengamati · Mengamati Gambar orang yang berhungan dengan Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. · Siswa menyimak pengantar dari guru Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. Menanya · Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati. · Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya · Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa. Mengeksplorasi · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. Mengasosiasikan · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. Mengkomunikasikan · Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan penggaliannya · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang hapalan dan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surah Al-An‘am: 162–163; Surah Al-Bayyinah: 5; dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Aisyah r.a. | · Tes tertulis · Observasi · Penugasan · Unjuk Kerja/Kinerja/Praktek · Projek · Produk · Portofolio · Tertulis | | · Buku Guru Al-Qur’an Hadis, Kemenag RI, 2014 · Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MA, Kemenag RI, 2014 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
Download File Revisi lainnya:
Semoga dengan adanya file revivi tentang Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.
0 Response to "Silabus Al-Qur’an-Hadits Kelas 10 Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Edisi Revisi"
Post a Comment