Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017
Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017 Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan KIKD bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017 dibawah ini:
Aspek | Kurikulum 2013 | Kurikulum 2013 (Perbaikan 2017) | Alasan | ||
Jml Jam/Mg/Smt | Total Jam | Jml Jam/Mg/Smt | Total jam | ||
A. Waktu | | | | | |
1. Jumlah Jam | 2 JP/mg x 6 Smt | 212 | 2 JP/mg x 6 Smt | 212 | Tidak mengalami perubahan |
2. Durasi (berapa semester di semester berapa) | 6 Smt (1, 2, 3, 4, 5 dan 6) | 6 Smt (1, 2, 3, 4, 5 dan 6) | Tidak mengalami perubahan | ||
B. Kompetensi Dasar (KD) | | | | ||
1. Jumlah KD | 21 | 27 | Mengalami perubahan : 1. Adanya penambahan KD, sesuai dengan kaidah bahwa dlam sat tahun minimal 9 KD, sehingga totalnya menjadi 3 th x 9 KD = 27 KD KD-KD yang ditambahkan sangat penting dengan perkembangn sekarang | ||
2. Materi KD | 1.1 Menelaah Pembukaan dan isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.1 Mengolah informasi mengenai sistem kekuasaan Negara | 3.1Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara | 4.1 Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara | >Secara umum materi KD K13 dengan materi pada Kurikulum tidak banyak mengalami perubahan |
1.2 Menganalisis bentuk dan kedaulatan Negara dan pelaksanaan Pemilu yang termuat dalam isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4,2 Menganalisis pelaksanaan Pemilu dilihat dari isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 3.2 Menganalisis ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang warga Negara dan penduduk, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa | 4.2 Mempresenta- sikan hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang warga negara, penduduk, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa | >pada materi yang berulang-ulang pada setiap tingkat ada perubahan materi | |
4.3 Menganalisis hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.3 Mengolah informasi berbagai kasus penyimpangan terhadap pasal-pasal UUD 1945 | 3.3 Menganalisis ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Negara dan pertahanan keamanan | 4.3Mempresentasikan hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Negara dan pertahanan keamanan | >Pada K. Perubahan ditambahkan materi di KD 3.16, 3.24, 3.26 dan KD 3.27. | |
4.4 Menganalisis sistem hukum dan peradilan dalamNegara Kesatuan Republik Indonesia | 4.4 Menyajikan peristiwa yang menggambarkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 3.4Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.4Mempresentasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. | >cakupan materi ditambahkan untuk peningkatan kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan melalui perubahan KKO diharapkan siswa mampu menunukkan kompetensi Thinking Skill melalui karya yang estetis. | |
4.5 Menganalisis ancaman dalam mengokohkan persatuan dan kesatuan nasional | 4.5 Menyajikan uraian tentang sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia | 3.5 Menganalisis hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.5 Melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | | |
4.6 Menganalisis pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dilihat dari konteks kesejarahan dan geopolitik Indonesia | 4.6Mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional | 3.6Memahami hakekat bangsa dan Negara | 4.6 Mengulas hakekat bangsa dan Negara | | |
4.7 Menganalisis kasus-kasus pelindungan dan pemajuan HAM dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 4.7 Melaksanakan kegiatan-kegiatan partisipasi kewarganegaraan di lingkungannya | 3.7 Memahami faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 4.7Mempraktikkan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | | |
4.8 Menganalisis muatan normatif dari pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan | 4.8 Menyajikan hasil kajian tentang berbagai kebijakan publik sesuai dengan amanat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 3.8 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 4.8 Memecahkan masalah tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika | | |
4.9 Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara, dan pemerintahan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.9 Menyajikan peta perkembangan sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 3.9Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia | 4.9Mempresentasi-kan hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia | | |
4.10 Menganalisis praksis pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian | 4.10Menyajikan praksis pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian | 3.10 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | 4.10 Mengidentifika-si pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | | |
3.11 Menganalisis perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | 4.11 Menyajikan praksis pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | 3.11 Menganalisis budaya politik di Indonesia | 4.11Menglasifikasikan tentang budaya politik di Indonesia | | |
3.12 Menganalisis budaya politik di berbagai Negara | 4.12 Menyajikan praksis pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | 3.12 Mengkaji sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.12 Menyajikan kajian tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | | |
3.13 Menganalisis berbagai strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman dalam membangun persatuan dan kesatuan nasional | 4.13 Mengamati dan Menganalisis budaya politik di Indonesia melaksanakan perilaku kewarganegaraan yang dilandasi jiwa dan semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam konteks NKRI | 3.13 Menganalisis system politik di Indonesia | 4.13 Mengidentifi-kasikan tentang system politik di Indonesia | | |
3.14 Menganalisis keunggulan konsep NKRI dengan konsep negara federal/ serikat | 4.14 Mengamati dan melaksanakan perilaku kewarganegaraan yang dilandasi jiwa dan semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam konteks NKRI | 3.14 Menganalis sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.14 Menyajikan penalaran tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | | |
3.15 Menganalisis nilai kebernegaraan yang terkandung dalam sila-sila Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa | 4.15 Menyajikan uraian tentang konsep dan nilai kebernegaraan yang bersumber dari sila-sila Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa | 3.15 Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.15 Menyajikan analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | | |
3.16 Mengevaluasi keterlaksanaan prinsip kebernegaraan secara konsisten dan konsekwen sesuai dengan konsep dan nilai sila-sila Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa | 4.16 Mengajukan pemecahan masalah tentang berbagai kasus pelanggaran HAM dalam konteks perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa | 3.16 Menganalisis system hukum dan peradilan internasional | 4.16 Mengulas tentang sistem hukum dan peradilan internasional | | |
4.17 Mengevaluasi tingkat keterlaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan kekuasaan kehakiman | 4.17 Mencipta model pengembangan kegiatan sosial kultural untuk menerapkan nilai yang terkandung dalam pasal-pasal UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 3.17 Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 4.17Melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | | |
4.18 Mengevaluasi efektivitas pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD Negara RI tahun 1945 sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 sampai sekarang dalam mewujudkan tujuan Negara | 4.18 Mengumpulkan dan menyajikan data tentang efektivitas pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD Negara RI tahun 1945 sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 sampai sekarang | 3.18Menentukan faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia | 4.18Menyajikan faktor- faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia | | |
| 4.19 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional | 4.19 Mengumpulkan dan menyajikan data dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional | 3.19Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | 4.19Menyelesaikan masalah berdasarkan nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | |
| 3.20 Mengevaluasi efektivitas strategi yang diterapkan dalam penyelesaian ancaman terhadap persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 4.20 Merumuskan alternatif tindakan nyata dan melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi efektivitas strategi penyelesaian ancaman terhadap persatuan dan kesatuan | 3.20 Menganalisis fungsi dan kedudukan Pancasila bagi bangsa Indonesia | 4.20Menerapkan fungsi dan kedudukan Pancasila bagi bangsa Indonesia | |
| 3.21 Mengevaluasi secara komparatif efektivitas penyelenggaraan negara dalam sistem kenegaraan NKRI dengan sistem kenegaraan federal/serikat | 4.21 Mencipta model perilaku kewarganegaraan yang dilandasi jiwa, semangat, dan nilai kepahlawanan dalam konteks NKRI | 3.21 Menganalisis peran Pancasila sebagai ideology terbuka | 4.21Menyajikan analisis tentang peran Pancasila sebagai ideology terbuka | |
| | | 3.22 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian | 4.22Mendemonstrasikan praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian | |
| | | 3.23 Mengevaluasi system pemerintahan yang berlaku di Indonesia | 4.23 Membandingkan system pemerintahan yang berlaku di Indonesia | |
| | | 3.24 Menentukan pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 4.24 Mempresentasikan pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | |
| | | 3.25 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia | 4.25 Mengulas dinamikapersatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia | |
| | | 3.26 Mengevaluasi peranan pers di Indonesia | 4.26 Menyajikan tentang peranan pers di Indonesia | |
| | | 3.27 Menganalisis pelaksanaan pemerintahan sesuai karakteristik good governanc | 4.27 Mempresenta-sikan tentang pelaksanaan pemerintahan sesuai karakteristik good governance | |
Download File Revisi lainnya:
Semoga dengan adanya file revivi tentang Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017 yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.
0 Response to "Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017 "
Post a Comment