Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017
Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017 Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan KIKD bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017 dibawah ini:
Aspek | Kurikulum 2013 | Kurikulum 2013 (Perbaikan 2017) | Alasan | ||
Jml Jam/Mg/Smt | Total Jam | Jml Jam/Mg/Smt | Total jam | ||
A. Waktu | | | | | |
1. Jumlah Jam | 2 JP/mg x 6 Smt | 212 | 2 JP/mg x 6 Smt | 212 | Tidak mengalami perubahan |
2. Durasi (berapa semester di semester berapa) | 6 Smt (1, 2, 3, 4, 5 dan 6) | 6 Smt (1, 2, 3, 4, 5 dan 6) | Tidak mengalami perubahan | ||
B. Kompetensi Dasar (KD) | | | | ||
1. Jumlah KD | 21 | 27 | Mengalami perubahan : 1. Adanya penambahan KD, sesuai dengan kaidah bahwa dlam sat tahun minimal 9 KD, sehingga totalnya menjadi 3 th x 9 KD = 27 KD KD-KD yang ditambahkan sangat penting dengan perkembangn sekarang | ||
2. Materi KD | 1.1 Menelaah Pembukaan dan isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.1 Mengolah informasi mengenai sistem kekuasaan Negara | 3.1Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara | 4.1 Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara | >Secara umum materi KD K13 dengan materi pada Kurikulum tidak banyak mengalami perubahan |
1.2 Menganalisis bentuk dan kedaulatan Negara dan pelaksanaan Pemilu yang termuat dalam isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4,2 Menganalisis pelaksanaan Pemilu dilihat dari isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 3.2 Menganalisis ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang warga Negara dan penduduk, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa | 4.2 Mempresenta- sikan hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang warga negara, penduduk, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa | >pada materi yang berulang-ulang pada setiap tingkat ada perubahan materi | |
4.3 Menganalisis hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.3 Mengolah informasi berbagai kasus penyimpangan terhadap pasal-pasal UUD 1945 | 3.3 Menganalisis ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Negara dan pertahanan keamanan | 4.3Mempresentasikan hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Negara dan pertahanan keamanan | >Pada K. Perubahan ditambahkan materi di KD 3.16, 3.24, 3.26 dan KD 3.27. | |
4.4 Menganalisis sistem hukum dan peradilan dalamNegara Kesatuan Republik Indonesia | 4.4 Menyajikan peristiwa yang menggambarkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 3.4Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.4Mempresentasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. | >cakupan materi ditambahkan untuk peningkatan kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan melalui perubahan KKO diharapkan siswa mampu menunukkan kompetensi Thinking Skill melalui karya yang estetis. | |
4.5 Menganalisis ancaman dalam mengokohkan persatuan dan kesatuan nasional | 4.5 Menyajikan uraian tentang sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia | 3.5 Menganalisis hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.5 Melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | | |
4.6 Menganalisis pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dilihat dari konteks kesejarahan dan geopolitik Indonesia | 4.6Mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional | 3.6Memahami hakekat bangsa dan Negara | 4.6 Mengulas hakekat bangsa dan Negara | | |
4.7 Menganalisis kasus-kasus pelindungan dan pemajuan HAM dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 4.7 Melaksanakan kegiatan-kegiatan partisipasi kewarganegaraan di lingkungannya | 3.7 Memahami faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 4.7Mempraktikkan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | | |
4.8 Menganalisis muatan normatif dari pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan | 4.8 Menyajikan hasil kajian tentang berbagai kebijakan publik sesuai dengan amanat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | 3.8 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 4.8 Memecahkan masalah tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika | | |
4.9 Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara, dan pemerintahan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 4.9 Menyajikan peta perkembangan sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 3.9Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia | 4.9Mempresentasi-kan hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia | | |
4.10 Menganalisis praksis pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian | 4.10Menyajikan praksis pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian | 3.10 Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | 4.10 Mengidentifika-si pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
Download File Revisi lainnya:
- Modul PKB Guru TK/PAUD Lengkap
- KI-KD Bahasa Inggris SMK Revisi 2017
- Contoh Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 dan KTSP SD/MI Gabungan
- Buku PPKn Kelas 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- KIKD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Buku Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Nilai Optimum dalam Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013
- Aplikasi EDS MI/MTS Terbaru Tahun 2017
- Download Buku Panduan Model Pengembangan RPP Tahun 2017
- Contoh Tata Tertib Sekolah/Madrasah
Semoga dengan adanya file revivi tentang Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017 yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.
0 Response to "Perubahan KD PPKn SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ke Revisi 2017 "
Post a Comment