Pendekatan Belajar Menggunakan PAIKEM GEMBROT

Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan MAKALAH bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file Pendekatan Belajar Menggunakan PAIKEM GEMBROT dibawah ini:


Assalamualaikum Sobat SIGUMI.....

Apa itu PAIKEM GEMBROT?
1. PAIKEM GEMBROT adalah singkatan dari pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot..
2. AKTIF dimaksudkan dalam proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan
3. INOVATIF dimaksudkan agar guru selalu mengemas kegiatan belajar yang heterogen sehingga memiliki nilai tambah dalam memberikan pelayanan pembelajaran kepada siswa,
4. KREATIF dimaksudkan agar guru mampu menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi dan mampu memberikan pelayanan pada berbagai tingkat kemampuan siswa
5. EFEKTIF dimaksudkan agar guru mampu memanfaatkan waktu untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pembelajaran menghasilkan pengalaman baru yang cenderung permanen.
6. MENYENANGKAN dimaksudkan agar guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatian secara penuh
7. GEMBIRA dimaksudkan agar guru menciptakan suasana belajar yang fun sehingga siswa mampu belajar dengan enjoy pada gilirannya siswa mampu menyerap pelajaran
8. BERBOBOT dimaksudkan agar guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa memiliki mutu yang baik sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
 Identifikasi PAIKEM GEMBROT
1. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
2. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
3. Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku, dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan “sudut baca”.
4. Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
5. Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam memecahkan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya

MENGAPA PAIKEM GEMBROT?
ASUMSI DASAR BELAJAR
Belajar          = Proses individual
Belajar          = Proses sosial
Belajar          = Menyenangkan
Belajar          = Tak pernah berhenti
Belajar          = Membangun makna
PERUBAHAN PARADIGMA
Mengajar – Pembelajaran   ( Teaching- Learning )
Penilaian – Perbaikan terus menerus (Testing- Continuous Improvement)
Perkembangan IPTEK, POLITIK, SOSBUD semakin lama semakin cepat
Teknologi informasi / sumber belajar sangat beragam
Bekal memenuhi kebutuhan manusia modern- mandiri, bekerjasama, berpikir kritis, memecahkan masalah
Persaingan internasional (globalisasi)

 Contoh-contoh KBM dalam PAIKEM GEMBROT
1. Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.
Pelaksanaan KBM : percobaan, Diskusi kelompok, memecahkan masalah, mencari   informasi, menulis laporan, puisi, cerita, berkunjung ke luar kelas
2. Guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam
Pelaksanaan KBM : Guru menggunakan  alat yang tersedia atau yang dibuat sendiri,   menggunakan gambar, Studi kasus, Nara sumber, Lingkungan.
3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan.
Pelaksanaan KBM : siswa melakukan percobaan, pengamatan, wawancara,  mengumpulkan data dan mengolahnya sendiri, menarik kesimpulan, mencari rumus  sendiri, menulis laporan dengan kata-kata sendiri.
4. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara lisan atau tulisan.
Pelaksanaan KBM : siswa  berdiskusi, lebih banyak pertanyaan terbuka
5. Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa
Pelaksanaan KBM : Siswa dikelompokan sesuai kemampuan (untuk kegiatan tertentu .
Bahan pelajaran disesuaikan dengan kemampuan kelompok tersebut. Tugas perbaikan  atau pengayaan diberikan
6. Guru mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa sehari-hari
Pelaksanaan KBM : Siswa menceritakan atau memanfaatkan pengalaman sendiri. Siswa  menerapkan hal-hal yang dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
7. Menilai KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus menerus
Pelaksanaan KBM : Guru memantau pekerjaan siswa. Guru memberikan umpan balik

 APA YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKSANAKAN PAKEM
1. Memahami sifat yang dimiliki anak (rasa ingin tahu, berimajinasi)
2. Mengenal anak secara perorangan (still)
3. Memanfaatkan prilaku anak dalam pengorganisasian belajar (berkelompok dalam bermain)
4. Mengembangkan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
5. Menciptakan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik (pajangan kelas)
6. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar (melatih kemampuan seluruh indera : mengamati, mencatat, merumuskan pertanyaan, berhipotesis, mengklasifikasikan, membuat tulisan, menggambar)
7. Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar (penguatan)
8. Membedakan antara aktif fisik dengan aktif mental (sering bertanya, mempertanyakan, mengungkapkan gagasan, tidak takut bertanya)

Demikian yang SIGUMI bagikan, semoga bermanfaat.
Wassalam......

Download File Revisi lainnya:

    Semoga dengan adanya file revivi tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Pendekatan Belajar Menggunakan PAIKEM GEMBROT"

    Post a Comment