KIKD MATEMATIKA TEKNOLOGI SMK KELAS 10, 11 & 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017

Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan KIKD bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file KIKD MATEMATIKA TEKNOLOGI SMK KELAS 10, 11 & 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 dibawah ini:

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                               : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian                             : Seluruh program keahlian
Kompetensi Keahlian                       : Seluruh kompetensi keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata Pelajaran                                  : Matematika (Teknik)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1     Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
4.1         Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
20
3.2     Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
4.2.        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
12
3.3     Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual
4.3.        Menyajikan penyelesaian masalah sistem persamaan linier dua variabel

3.4     Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
4.4          Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
16
3.5     Menganalisis barisan dan deret aritmetika
4.5         Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
8
3.6     Menganalisis barisan dan deret geometri
4.6         Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
12
3.7     Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
4.7         Menyelesaiakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
12
3.8     Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
4.8         Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan  perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
8
3.9     Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
4.9         Menyajikan penyelesaian masalah nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
4
3.10  Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
4.10     Menyajikan penyelesaian masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
4
3.11  Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
4.11      Menyajikan grafik fungsi trigonometri
8
3.12  Menerapkan aturan sinus dan kosinus
4.12     Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
8
3.13  Menentukan luas segitiga pada trigonometri
4.13     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
4
3.14  Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
4.14     Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
12
3.15  Menerapkan operasi matriksdalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
4.15     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks
10
3.16  Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
4.16     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
10
3.17  Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua
4.17     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua

12
3.18  Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
4.18     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga

12
3.19  Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
4.19      Menyajikan penyelesain masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat

20
3.20  Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
4.20     Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi

8
3.21  Menentukan persamaan lingkaran
4.21     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan lingkaran

8
3.22  Menentukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan  sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
4.22     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan  sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )

16
3.23  Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga
4.23     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga

16
3.24  Menetukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
4.24     Menyelesaikan masalah kontekstual kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
16
3.25  Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah kontekstual
4.25     Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
12
3.26  Menentukan peluang kejadian
4.26     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian

8
3.27  Mengevaluasi kajian statistika dalam masalah kontekstual
4.27     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika

12
3.28  Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
4.28     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok

16
3.29  Menganalisis ukuran penyebarandata tunggal dan data kelompok
4.29     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok

16
3.30  Menentukan nilai limit fungsi aljabar
4.30     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar

24
3.31  Menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya
4.31     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
20
3.32  Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
4.32     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
12
3.33  Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
4.33     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar

12
3.34  Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu
4.34     Menyelesaikan masalah luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu
16
Total jam
424


Download File Revisi lainnya:

    Semoga dengan adanya file revivi tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "KIKD MATEMATIKA TEKNOLOGI SMK KELAS 10, 11 & 12 KURIKULUM 2013 REVISI 2017"

    Post a Comment