Seperti yang kita ketahui Kurikulum 2013 tentunya mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan sejak diberlakukan pada tahun 2013. Dimana perbaikan kurikulum tersebut berlandaskan atas kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.
Dan secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 memiliki tujuan yaitu tentunya agar selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Dan secara khususnya perbaikan Kurikulum 2013 tersebut bertujuan untuk menyelaraskan KI-KD, silabus, pedoman mata pelajaran, pembelajaran, penilaian, dan buku teks.
Dimana Perbaikan dilaksanakan berdasarkan prinsip perbaikan kurikulum diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Keselarasan
Dokumen KI-KD, Silabus, Pedoman Mata Pelajaran, Buku Teks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik harus selaras dari aspek kompetensi dan lingkup materi.
2. Mudah Dipelajari
Lingkup kompetensi dan materi yang dirumuskan dalam KD mudah dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.
3. Mudah Diajarkan
Lingkup kompetensi dan materi yang dirumuskan pada KD mudah diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya belajar peserta didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber belajar yang ada di lingkungan.
4. Terukur
Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang mudah dirumuskan dan layak dilaksanakan.
5. Bermakna untuk Dipelajari
Kompetensi dan materi yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi peserta didik sebagai bekal kehidupan.
Untuk memastikan bahwa bimbingan teknis untuk pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk semua jenjang baik yang nasional, provinsi, kabupaten/kota maupun sekolah dimana sasaran mencapai hasil yang diharapkan, dan untuk itu Direktorat PSMP menetapkan bahwa materi bimbingan teknis untuk semua jenjang tersebut menggunakan materi standar yang disusun oleh Direktorat PSMP bersama dengan Pusat Kurikulum dan Pebukuan dan Pusat Penilaian Pendidikan.
Dimana materi-materi tersebut berdasar pada dokumen dan ketentuan terakhir mengenai pelaksanaan K13. Dimana setiap unit materi terdiri atas tujuan, uraian materi, tahapan sesi bimbingan teknis, teknik penilaian kinerja peserta bimbingan teknis, dan daftar sumber-sumber bahan untuk pengayaan. Selain itu, materi dilengkapi dengan sejumlah Lembar Kerja yang memberi panduan dan/atau inspirasi kegiatan bimbingan teknis.
Dan untuk membantu guru dalam hal mengimplementasikan Kurikulum 2013, maka Direktorat PSMP menyusun Materi Bimbingan teknis Guru yang berisi petunjuk atau contoh praktis untuk setiap mata pelajaran matematika serta uraian tugas yang harus dikerjakan oleh peserta bimbingan teknis. Materi tersebut disusun dalam 4 (empat) bagian yang saling terkait dengan harapan dapat membantu guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan melaksanakannya.dan empat (4) tersebut diantaranya adalah
Unit 1
Analisis Dokumen: Skl, Ki-Kd, Silabus, Inspirasi Pembelajaran Dan Penilaian
Unit 2
Analisis Materi Dalam Buku Teks Pelajaran
Unit 3
Analisis Penerapan Model Pembelajaran
Unit 4
Analisis Penilaian Hasil Belajar Hots
Untuk itu silahkan teman download Materi Bimbingan Teknis Fasilitator Dan Instruktur Kurikulum 2013 SMP Mapel Matematika Tahun 2017
klik disini
0 Response to "Materi Bimbingan Teknis Fasilitator Dan Instruktur Kurikulum 2013 SMP Mapel Matematika Tahun 2017"
Post a Comment