Format RPP SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017
Format RPP SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan Info Pendidikan, RPP SMP bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file Format RPP SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 dibawah ini:
No | Kompetensi Inti | |
1 | KI-1 | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
2 | KI-2 | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
3 | KI-3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
4 | KI-4 | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
No | KD | IPK | ||
1 | 3.1 | | 3.1.1 | |
| | | 3.1.2 | |
2 | 4.1 | | 4.1.1 | |
| | | 4.1.2 | |
- Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Hlm. 15—36. -------------. 2016.
- Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Hlm. 34—38.
- Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)
- Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 Novemner 2015.
Kegiatan | Uraian Aktifitas | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai; 2. Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan; 3. Melalui tanya jawab membahas kembali tentang konfigurasi elektron dan electron valensi; 4. Merekam (memperhatikan dan menulis ungkapan yang dikemukakan peserta didik di papan tulis), memberikan sedikit ulasan; 5. Menyampaikan kompetensi dan tujuan yang akan dicapai berkaitan sifat senyawa ion dan senyawa kovalen dalam kehidupan sehari-hari; 6. Menyampaikan garis besar cakupan materi ikatan ion dan ikatan kovalen dan kegiatan yang akan dilakukan; 7. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi unsur-unsur alkali dan alkali. | (10 Menit) |
Kegiatan Inti | Stimulation (memberi stimulus) 1. Peserta didik memperhatikan dan mengamati beberapa bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, yaitu : garam dapur, gula pasir, plastik dan juga beberapa zat kimia lain disajikankan lewat tayangan video. Contoh bahan pengamatan: Problem Statement (mengidentifikasi masalah) 1. Perserta didik membagi diri dalam beberapa kelompok (penentuan kelompok ditetapkan oleh guru). Tiap kelompok terdiri 4–5 orang. 2. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menuliskan konfigurasi electron gas mulia, mendiskusikan pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen dan memberikan contoh senyawa ion dan senyawa kovalen 3. Dibagikan bahan bacaan tambahan disamping buku-buku yang telah dimiliki peserta didik untuk bahan diskusi perserta didik. Data Collecting (mengumpulkan data); 1. Peserta didik mencari dan mengumpulkan data dari hasil diskusi maupun dari tanyangan presentasi tentang a. susunan elektron stabil gas mulia dan elektron valensi b. struktur lewis suatu atom c. konfigurasi elektron stabil dalam pembentukan ikatan ion maupun kovalen d. contoh senyawa ion dan senyawa kovalen e. perbedaan sifat senyawa ion dan senyawa kovalen 2. Peserta didikterlibat aktif dalam diskusi dan mengkaji peristiwa-peristiwa yang disajikan kemudianmenyelesaikan masalah yang ada, peserta didik termotivasi untuk berdiskusi dalam menggali informasi dari berbagai sumber maupun hand-out yang telah dibagikan. 3. Peserta didiktermotivasi untuk berdiskusi dan melakukan percobaan sederhana perbedaan sifat senyawa ion dan senyawa kovalen. 4. Peserta didik menuliskan hasil pekerjaanya (untuk masing-masing peserta didik) dan hasil diskusi kelompok pada kertas manila yangtelah disediakan dengan kreativitas masing-masing. Data Processing (mengolah data); 1. Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada lembar aktivitas siswa 2. Guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya. 3. Masing-masing kelompok untuk mempresentasikan dengan menempelkan hasil-hasil kerja kelompok di sekitar dinding ruang belajar. Verification (memverifikasi); 1. Hasil-hasil kerja kelompok yang telah dituliskan (ditempelkan di dinding) untuk digunakan sebagai bahan pada langkah berikutnya. 2. Perwakilan kelompok memperhatikan sajian/paparan serta menilai hasil karya dari kelompok lain yang telah ditempelkan pada dinding sekitar ruang belajar,mencermatinya dan membandingkan dengan hasil dari kelompoknya sendiri kemudianmendiskusikan kembali pada kelompok masing-masing. 3. Perwakilan kelompok untuk memberikan tanggapan dengan mengajukan pertanyaan,meminta konfirmasi ataupunmemberikan masukkan terhadap kelompok lainnya. 4. Guru mencatat hal-hal yang menyimpang atau tumpang tindih atau “unik” antara kelompok yang satu dengan yang lain. 5. Guru menilai keaktifan peserta didik (individu dan kelompok) dalam kelas saat berdiskusi, merancang/melakukan penyelidikan sederhana maupun presentasi berlangsung Generalization (menyimpulkan); 1. Peserta didik mengkaji ulang dan menyimpulkan hasil diskusi dalam kelompok tentang perbedaan pembentukan ikatan ion dan kovalen. 2. Guru memberikan penguatan dengan memberikan penjelasan pada materi baru dan berbeda pada tiap kelompok. | (65 Menit) |
Penutup | Penutup (30 menit) 1. Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan tentang pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen,perbedaan sifat senyawa ion dan senyaw kovalen melalui review indikator yang hendak dicapai pada hari itu. 2. Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-1). 3. Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-2). a. Memberi salam. | (15 Menit) |
Indikator | Soal | Tehnik/Bentuk Penilaian |
Fungsi sosial - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda, - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) fokus yang dibicarakan dalam masing- masing deskripsi, - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi, - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) manfaat yang dapat dipetik dari masing- masing deskripsi. | Read the text and answer the questions below. 1. What is the text written for? 2. What is the text about? 3. Who would like to read the text? 4. What can you learn from the person/character? | |
Struktur teks - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya, - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh, - menentukan (menyebutkan | 5. This statement is most likely about ... (nama orang/tokoh) 6. The text is concerned about ... (beberapa aspek) of the person/character. 7. What does the character do for a living? | |
lisan/tulis, memilih) kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh, - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing- masing orang/tokoh | | |
Unsur kebahasaan - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa), - menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.) | The word ... is closest in meaning to ...? The character has many friends, ... (isi dengan kata sambung) he always feels lonely. | |
ASPEK | KRITERIA | SKOR | Jumlah Soal | Skor Perolehan |
Isi | Sangat sesuai | 3 | ... | |
| Sesuai | 2 | | |
| Kurang sesuai | 1 | | |
Struktur teks | Benar dan Tepat | 3 | ... | |
| Benar tapi kurang tepat | 2 | | |
| Kurang tepat | 1 | | |
Unsur kebahasaan | Sangat tepat | 3 | ... | |
| Tepat | 2 | | |
| Kurang tepat | 1 | | |
Total skor | | | | |
Keterangan: Nilai Akhir = Nilai perolehan : Total Skor x 100 |
KRITERIA | Deskripsi | Rentang Skor | Skor Perolehan |
endeskripsikan secara lisan | Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai | (89 – 100) | ... |
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi | (76-88) | ... | |
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar | (61-75) | ... | |
| Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar | (0-60) | ... |
JUMLAH | ... | ||
Menulis Teks | Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat disertai gambar yang menarik | (89 – 100) | ... |
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan ada yang kurang tepat, ada gambar cukup menarik | (76-88) | ... | |
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat, ada gambar | (61-75) | ... | |
Fungsi sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai, tidak ada gambar | (0-60) | ... | |
JUMLAH | ... |
NIP: ....................................... NIP: ...........................
Download File Revisi lainnya:
Semoga dengan adanya file revivi tentang Format RPP SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.
0 Response to "Format RPP SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Post a Comment