Pengajaran bahasa Inggris berfokus pada peningkatan kompetensi siswa untuk mampu menggunakan bahasa tersebut dalam mencapai tujuan komunikasi di berbagai konteks, baik lisan maupun tulis. Salah satu pendekatan yang berfokus pada peningkatan kompetensi siswa untuk menggunakan bahasa yang dipelajarinya dalam berbagai tujuan komunikasi adalah pengajaran berbasis teks
Mata pelajaran Bahasa Inggris untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah tsanawiyah (disingkat MTs) memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kompetensi komunikatif dalam teks interpersonal, transaksional, dan fungsional, dengan menggunakan berbagai teks berbahasa Inggris lisan dan tulis.
Dimana melalui penggunaan teks-teks tersebut, tentunya peserta didik dibimbing agar menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, dan tentu saja untuk menanamkan nilai-nilai luhur karakter bangsa, dalam konteks kehidupan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Ada yang beda dalam mata pelajaran bahasa inggris dibandingkan mata pelajaran lainnya dimana Pembelajaran bahasa Inggris berbasis teks mendukung pembelajaran pada mata pelajaran lain dalam kurikulum. contohnya, pembelajaran teks deskriptif akan mengembangkan kemampuan peserta didik diantaranya pada mata pelajaran Seni Budaya untuk mempromosikan wisata di Indonesia. Bukan hanya itu saja, pembelajaran jenis teks lain tentu saja dapat membantu peserta didik untuk memperluas wawasan keilmuannya tentang materi dalam mata pelajaran lain dalam skala internasional.
Dan secara umum kompetensi Bahasa Inggris merupakan kemampuan berkomunikasi dalam tiga jenis wacana, yaitu diantaranya
(1) interpersonal,
(2) transaksional, dan
(3) fungsional,
Secara lisan dan tulis, pada tataran literasi informasional, untuk melaksanakan fungsi sosial, dalam konteks kehidupan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi. Dimana peserta didik dituntun untuk menggunakan berbagai bentuk teks untuk kebutuhan literasi dasar, dengan struktur yang berterima secara koheren dan kohesif serta unsur-unsur kebahasaan secara tepat. Berikut ini adalah ruang lingkup kompetensi dan materi Bahasa Inggris.
Silabus mata pelajaran Bahasa Inggris disusun berdasarkan atas format dan penyajian dan penulisan yang amat sangat sederhana tentunya ini bertujuan agar mudah dimengerti dan mudah dilaksanakan oleh tenaga guru mapel. Dimana penyederhanaan format ini dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak memiliki banyak halaman akan tetapi lingkup dan substansinya tidak berkurang sama sekali, serta tentunya tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya.
Penyusunan silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Jenjang SMP/MTS dilakukan atas dasar/prinsip keselarasan yaitu antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru mata pelajaran, mudah dipelajari dan dipahami oleh peserta didik, terukur pencapainnya dan tentunya bermakna untuk dipelajari dan dapat dijadikan sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris merupakan acuan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran, dimana silabus Bahasa Inggris ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan tentunya memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik agar dapat mengembangkan dan melaksanakan atau menjalankan pembelajaran, serta dapat mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal.
Dan atas dasar prinsip tersebut, dimana komponen silabus diantaranya mencakup
1. kompetensi dasar,
2. materi pembelajaran, dan
3. kegiatan pembelajaran.
Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus Bahasa Inggris merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Dimana pembelajaran tsb adalah alternatif dan inspiratif sehingga guru mata pelajaran akan dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran.
Dalam melaksanakan silabus Bahasa Inggris ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan pesertas didik.
Kurikulum Bahasa Inggris merupakan bagian dari Kurikulum 2013, yang ruang lingkup pengelolaannya dimulai dari merumuskan Kompetensi Dasar (KD). KD yang dirumuskan adalah KD 3 dan KD 4, untuk mengejawantahkan KI-3 dan KI-4. Kompetensi sikap yang tercantum dalam rumusan KI1 dan KI- 2 tidak secara eksplisit diturunkan ke dalam Kompetensi Dasar karena kompetensi sikap dikembangkan secara tidak langsung dan diintegrasikan ke dalam proses pembelajarannya. Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Download Silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018Download Juga:
Download Silabus Mata Pelajaran Matematika Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018 klikDownload Silabus Mata Pelajaran PPKn Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018Download Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018
0 Response to "Download Silabus & Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018"
Post a Comment