Silabus IPS SD/MI Kelas 1,2,3,4,5 & 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan Silabus bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file Silabus IPS SD/MI Kelas 1,2,3,4,5 & 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru dibawah ini:

Dalam kurikulum 2013, Utamanya untuk Satuan Pendidikan Sekolah Dasar terjadi beberapa perubahan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dimana untuk Mata pelajaran I Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS untuk kelas I (Satu) sampai dengan 3 (tiga) dihilangkan, namun muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih ada yang diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn dan Matematika. 

Sementara itu untuk Kelas 4 (empat) sampai dengan 6 (enam) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berdiri sendiri tetapi pembelajarannya diberikan secara tematik terpadu dengan mata pelajaran lain. Geografi, sejarah, ekonomi dan sosiologi dilebur dalam bentuk tema secara terintegratif.

Melalui pembelajaran tematik terpadu ini diharapkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) lebih bermakna untuk siswa. Dimana Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dirumuskan atas dasar realitas sosial yang diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner Pembelajaran IPS dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. 

Meskipun Kompetensi Dasar untuk sikap spiritual dan sikap sosial tidak lagi dirumuskan sebagai Kompetensi Dasar tersendiri akan tetapi sikap spiritual dan sikap Sosial ini dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran tidak langsung (Indirect Teaching). 

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar dilakukan dengan tujuaan untuk menjadikan peserta didik aktif, kritis, beradab, dan berkesadaran sebagai warga negara yang dapat berperan dalam kehidupan masyarakat multikultur pada lingkungan lokal, nasional, dan global. 

Adapun ruang lingkup materi pokok Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar, ini dimulai dari pengenalan lingkungan dan masyarakat terdekat, mulai kabupaten, provinsi, nasional dan internasional. Antara satu wilayah dengan wilayah lainnya memiliki koneksi. Lingkungan internasional di lingkup SD dibatasi pada pengenalan lingkungan ASEAN. 

Pengembangan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar secara terintegrasi tematik (integrated), tidak semata-mata transfer kognisi, melainkan juga membangun sikap dan keterampilan sosial sederhana, seperti mampu melakukan pengamatan dan mengomunikasikan karakteristik dan konektifitas lingkungan dan masyarakat terdekat kepada pihak lain secara santun melalui kerjasama dengan menggunakan teknologi. 
Silabus IPS SD/MI Kelas 1,2,3,4,5 & 6 SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Silabus Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Dimana penyederhanaan format pada Silabus Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini bertujuan supaya penyajiannya lebih efisien, dan tdak trlalu banyak halaman akan tetapi lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus Ilmu Pengetahuan Sosial dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik. 

Tentunya harus diketahui bahwa silabus untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat fleksibel, kontekstual, dan tentunya memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik agar mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Dan atas Atas dasar prinsip trsebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. 

Uraian pembelajaran yang ada dalam Silabus mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Dimana pembelajaran tersebut adalah alternatif dan inspiratif sehingga para pendidik dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. 

Dalam menjalankan Silabus Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tenaga Pendidik dalam hal ini guru diharapkan lebih kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik. 

Download File Revisi lainnya:

    Semoga dengan adanya file revivi tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Silabus IPS SD/MI Kelas 1,2,3,4,5 & 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"

    Post a Comment