Download Buku Seni Budaya Kelas IX Kurikulum 2013
Download Buku Seni Budaya Kelas IX Kurikulum 2013 Merupakan file File Revisi yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berkaitan dengan Buku Mapel bisa juga di gunakan sebagai bahan referensi sesuai keperluan sekolah anda agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan referensi tentang file Download Buku Seni Budaya Kelas IX Kurikulum 2013 dibawah ini:
- Menumbuhkembangkan sikap toleransi
- Menciptakan demokrasi yang beradab,
- Menumbuhkan hidup rukun dalam masyarakat majemuk,
- Mengembangkan kepekaan rasa dan keterampilan
- Menerapkan teknologi dalam berkreasi
- Menumbuhkan rasa cinta budaya dan menghargai warisan budaya Indonesia
- Membuat pergelaran dan pameran karya seni.
- Seni Rupa (Apresiasi seni rupa, Estetika seni rupa, Pengetahuan bahan dan alat seni rupa, Teknik penciptaan seni rupa, Pameran seni rupa, Evaluasi seni rupa, Portofolio seni rupa. Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) memuat penerapan ragam hias dan ilustrasi).
- Seni Musik (Apresiasi seni musik, Estetika seni musik, Pengetahuan bahan dan alat seni musik, Teknik penciptaan seni musik, Pertunjukan seni musik, Evaluasi seni musik, Portofolio seni musik. Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) memuat pengenalan teknik vokal dan alat musik).
- Seni Tari (Apresiasi seni tari, Estetika seni tari, Pengetahuan bahan dan alat seni tari, Teknik penciptaan seni tari, Pertunjukkan seni tari, Evaluasi seni tari, Portofolio seni tari. Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) mata pelajaran seni tari melakukan dan mengkreasikan tari bentuk).
- Seni Teater (Apresiasi seni teater, Estetika seni teater, Pengetahuan bahan dan alat seni teater, Teknik penciptaan seni teater, Pertunjukkan seni teater, Evaluasi seni teater, Portofolio seni teater. Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) memuat pengenalan teknik bermain teater).
- Mengenal dan menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial, dan budayanya; bekal kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan mengenai daerahnya yang berguna bagi dirinya maupun lingkungan masyarakat pada umumnya; dan
- Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturan-aturan yang berlaku di daerahnya, serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya setempat dalam rangka menunjang pembangunan nasional.
- Mata pelajaran Seni Budaya di SMP/MTs menekankan pada aspek apresiasi dan kreasi, dalam ranah pendidikan dapat diurai menjadi kognitif, afektif dan psikomotor. Ketiga ranah tersebut cara bekerjanya simultan dan tidak dapat dipisahkan satu diantaranya, sedangkan dalam proses penciptaan seni, ditekankan pada proses pengembangan kreativitas, menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Seni Budaya melibatkan semua bentuk kegiatan berupa aktivitas fisik dan cita rasa keindahan. Aktivitas fisik dan cita rasa keindahan itu tertuang dalam kegiatan apresiasi, eksplorasi, eksperimentasi dan kreasi melalui bahasa rupa, bunyi, gerak dan peran. Masing-masing aktivitas mencakup pembinaan dan pemberian fasilitas mengungkap gagasan seni, keterampilan berkarya serta apresiasi dalam konteks sosial budaya masyarakat.
- Model Pembelajaran Kolaboratif (Pada model pembelajaran kolaboratif kewenangan dan fungsi guru lebih bersifat direktif atau manajer belajar, sebaliknya peserta didiklah yang harus lebih aktif: a. Guru dan peserta didik saling berbagi informasi. b. Berbagi tugas dan kewenangan. c. Guru sebagai mediator dan d. Kelompok peserta didik yang heterogen.
- Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PjBL) adalah metoda pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar).
- Model Pembelajaran Discovery Learning (Model Discovery Learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi pada peserta didik yang tidak begitu saja menerima materi pembelajaran secara final, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri. Sebagaimana pendapat Bruner, bahwa: “Discovery Learning can be defined as the learning that takes place when the student is not presented with subject matter in the final form, but rather is required to organize it him self” (Lefancois dalam Emetembun, 1986:103). Dasar ide Bruner ialah pendapat dari Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperan aktif dalam belajar di kelas).
- Penilaian Kompetensi Sikap
- Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi, penilaian diri, penilaian “teman sejawat”(peer evaluation) oleh peserta didik dan jurnal. Instrumen yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik.
- Penilaian Kompetensi Pengetahuan ( Pendidik menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. a. Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran. b. Instrumen tes lisan berupa daftar pertanyaan.c. Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas. Instrumen penugasan sering digunakan pada mata pelajaran Seni Budaya, khususnya pada komptensi yang menekankan kepada apresiasi seni.
- Penilaian Kompetensi Keterampilan (Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubric)
- Pengertian Lukisan dan Gaya Lukisan
- Tema Seni Rupa Murni
- Alat dan Bahan Berkarya Seni Lukis
- Jenis lukisan berdasarkan teknik dan bahan yang digunakan
- Teknik Berkarya Seni Melukis
- Pengertian dan fungsi patung
- Bentuk dan jenis patung
- Alat dan bahan seni patung
- Teknik berkarya seni patung
- Praktek membuat patung
- Lagu Modern Indonesia
- Lagu Unisono
- Latihan Menggubah Lagu Modern Secara Unisono
- Konsep menyajikan lagu secara vokal grup
- Latihan menggubah lagu modern secara vokal grup
- Pengertian tari modern
- Jenis gaya tari modern
- Fungsi tari modern
- Nilai estetis tari modern
- Pengertian iringan tari
- Jenis iringan tari modern
- fungsi iringan tari modern
- Mempraktikkan karya tari sesuai dengan iringan
- Latihan Olah Tubuh
- Olah Vokal
- Olah Rasa
- Lakon
- Latihan menulis cerita
- Pelatihan pemeran
- Rancangan tata artistic
- Pengertian Seni Grafis
- Jenis Karya Seni Grafis Berdasarkan teknik
- Berkarya Seni Grafis
- Pengertian, Fungsi dan Tujuan Pameran
- Perencanaan Pameran
- Tahapan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa
- Evaluasi Pameran
- Jenis Lagu Modern
- Gaya Bernyanyi Lagu Modern
- Latihan Bernyanyi Lagu Modern Dengan Gaya Yang Tepat
- Jenis Musik Ansambel
- Memainkan Lagu Modern Dalam Bentuk Ansambel
- Pengertian Komposisi
- Menyusun Karya Tari
- Manajemen Pertunjukan Tari
- Pergelaran Kaya Seni Tari
- Manajemen
- Pembagian Kerja
- Manajemen Artistik
- Pra Pementasan
- Pementasan
- Pasca Pementasan
Download File Revisi lainnya:
Semoga dengan adanya file revivi tentang Download Buku Seni Budaya Kelas IX Kurikulum 2013 yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu memenuhi semua kelengakapan Administrasi di Sekolahnya, demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.
0 Response to "Download Buku Seni Budaya Kelas IX Kurikulum 2013"
Post a Comment